Minggu, 28 Juli 2013

Chocolate Wars "Hershey VS Mars"









Tuesday, 23 July 2013

Ketika kuliah manajemen pemasaran sedang berlangsung, kami menonton sebuah film dokumenter mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Film itu berjudul “Chocolate Wars” yang bercerita tentang persaingan dua perusahaan ternama di Amerika, yaitu Hershey’s dan Mars dalam berusahan untuk menaklukan dunia dan menjadi raja dalam industri coklat. Berbagai strategi dilakukan oleh kedua perusahaan untuk saling mengungguli satu sama lain.
Milton Hershey mendirikan perusahaan coklat pada tahun 1890-an yang berawal dari karamel, kemudian berkembang menjadi coklat. Kemampuan yang dimiliki Milton Hershey membuat bisnisnya sukses dan menjadikan perusahaan coklat terbesar di Amerika serta menjadi market leader dalam industri coklat. Brand Image yang berkembang adalah “Hershey is American Candy Bar”. Awalnya Mars merupakan perusahaan sederhana yang menjual nuggat dimana bahan baku coklat atau pelapis coklat tersebut berasal dari Hershey. Mars berambisi untuk mengalahkan Hershey untuk menjadi perusahaan coklat nomor satu di Amerika, sehingga Mars memutuskan untuk membuat permen pelapis coklat sendiri. Selain itu, Mars juga meminta Murrie yang bekerja di Hershey untuk bergabung dan mengembangkan produknya sehingga terciptanya produk yang sangat terkenal, yaitu M&M (Mars and Murrie). Mars memiliki inovasi produk yaitu coklat dengan warna-warni yang menarik dan hanya dapat melelh dimulut. Mars melakukan promosi secara agresif melalui media televisi berupa ikon kartun produknya. Hal ini membuahkan hasil meningkatnya penjualan coklat dan memiliki tempat di hati konsumen. Mars mempunyai jaringan distribusi yang sangat kuat dan menyebar tidak hanya di Amerika Serikat saja bahkan Mars unggul di Eropa dengan menyaingi produk coklat dari Cadburry dan Nestle. Mars pun menjadi pemimpin pasar. Mars belum puas dengan yang dicapai saat ini, Mars mencoba merebut pasar Hershey sebagai pemasok coklat bagi anggota militer Amerika. Akhirnya pasar tersebut direbut Mars karena Hershey tidak dapat mendistribusikan coklatnya secara baik kepada anggota militer. Akan tetapi, persaingan ini belum selesai, Hershey pun mengembangkan produknya dimana ia memproduksi coklat yang memiliki titik leleh yang tinggi sebesar 140 derajat Farenheit. 

Hershey juga memproduksi coklat yang berisi kacang yang dinamai Reese’s Pieces untuk bersaing dengan produk Mars M&M. Selain itu, Hershey mencoba bersaing dengan menjadi salah satu sponsor dalam film E.T garapan sutradara Steven Spielberg. Film itu menuai sukses begitu juga dengan coklat Hershey, padahal sebelumnya film ini ditawarkan kepada M&M akan tetapi ditolaknya. 

 Pelajaran yang dapat kami ambil dari film tersebut adalah berbagai konsep marketing dilakukan oleh kedua perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya dalam industri coklat dan berbagai kalimat inspiratif yang dapat memotivasi kami dalam menjalankan sebuah bisnis.


Konsep Marketing:
  1.  Strategi promosi dimana Mars melakukan iklan melalui media televisi secara agresif, sedangkan    Hershey kerjasa sama dengan perusahaan film untuk meningkatkan penjualan produknya.
  2. Distribusi channel, Mars dapat mendistribusikan dengan baik produk-produknya kepada anggota militer AS
  3. Inovasi, kedua perusahaan yaitu Hershey dan Mars saling mengembangkan produknya, seperti Hershey menciptakan coklat yang tidak mudah meleleh dan Mars menciptakan permen coklat warna-warni yang menarik perhatian anak-anak.
  4. Segmentasi, Hershey mensegmentasikan produknya bagi seluruh rakyat Amerika, sedangkan segmentasi produk Mars kepada anak-anak.
  5. Market share, kedua perusahaan hampir menguasai pasar coklat di Amerika, saat ini Hershey sebagai pemimpin pasar dan M&M terus mengikuti.

Kalimat Inspiratif :
  •  Hershey is American Candy Bar
  • Hershey is not Mars

Tidak ada komentar:

Posting Komentar