Sabtu, 13 Juli 2013

An Introduction to Marketing Management

Girisa Hartiwi’s Note on Marketing Class of PT GODREJ DEVELOPMENT PROGRAM in The Graduate Program of Management and Business Bogor Agricultural University

Lecturer: Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Class Notes Tuesday, 9 July 2013

Definisi Pemasaran
  • Menurut Philip Kotler, Pemasaran adalah proses dimana individu atau grup memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan,penawaran, dan pertukaran barang dan jasa.
  • Menurut Solomon and Stuart, Pemasaran adalah proses perencanaan suatu konsep, harga, promosi, dan distribusi sebuah ide, barang, dan jasa untuk memenuhi kepuasan individu atau organisasi.
Topik yang menarik dalam perkuliahan manajemen pemasaran adalah segmentasi, targeting, and positioning (STP) dan Marketing Mix (Bauran Pemasaran). STP merupakan konsep dasar dari pemasaran. Sebelum memasuki pasar harus diketahui terlebih dahulu STP dari brand atau produk tersebut. Jika mengetahui STP brand atau produk yang akan dipasarkan akan memudahkan kita dalam menjual produk serta menghadapi kompetitor. Bauran Pemasaran merupakan alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasar.  Bauran pemasaran memiliki empat variabel atau lebih dikenal dengan 4P (Product, Price, Place, and Promotion).

Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
  • Segmentasi pasar merupakan suatu proses untuk membagi atau mengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kemiripan karakter. Pengelompokan pasar ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, dan pola penggunaan produk.
  • Targeting adalah mengevaluasi segmentasi untuk menjadi target atau membidik kelompok pasar yang menjadi sasaran kita.
  • Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak konsumen dari sebuah produk. Positioning merupakan suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan, keuntungan, dan manfaat yang membuat konsumen selalu ingat dengan produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing.
Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
1. Product
 Menentukan produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada pasar sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2. Price
Harga merupakan jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan. Produk harus memiliki harga yang sesuai dengan target pasar.
3. Place
Berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4. Promotion
Promosi merupakan kegiatan untuk mengkomunikasikan dan meyakinkan produk atau jasa kepada konsumen.

Based on Book written by Ujang Sumarwan, Agus Djunaidi, Aviliani, H.C.Royke Singgih, Jusup Agus Sayono, Rico R Budidarmo, Sofyan Rambe. 2009. Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth in Creating Share Holder Value). Jakarta. Inti Prima


http://andrelukmanto.files.wordpress.com/2013/07/usa1.jpg

Based on Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 2010. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja.(Strategic Marketing: Value Based and Performance Measurement Perspectives) Bogor, IPB Press.
USA2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar