Lecturer: Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Class Notes Tuesday, 9 July 2013
Definisi Pemasaran
- Menurut Philip Kotler, Pemasaran adalah proses dimana individu atau grup memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan,penawaran, dan pertukaran barang dan jasa.
- Menurut Solomon and Stuart, Pemasaran adalah proses perencanaan suatu konsep, harga, promosi, dan distribusi sebuah ide, barang, dan jasa untuk memenuhi kepuasan individu atau organisasi.
Topik yang menarik
dalam perkuliahan manajemen pemasaran adalah segmentasi, targeting, and
positioning (STP) dan Marketing Mix (Bauran Pemasaran). STP merupakan konsep
dasar dari pemasaran. Sebelum memasuki pasar harus diketahui terlebih dahulu
STP dari brand atau produk tersebut. Jika mengetahui STP brand atau produk yang
akan dipasarkan akan memudahkan kita dalam menjual produk serta menghadapi
kompetitor. Bauran Pemasaran merupakan alat pemasaran yang digunakan untuk
mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasar. Bauran pemasaran
memiliki empat variabel atau lebih dikenal dengan 4P (Product, Price, Place,
and Promotion).
Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
- Segmentasi pasar merupakan suatu proses untuk membagi atau mengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kemiripan karakter. Pengelompokan pasar ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, dan pola penggunaan produk.
- Targeting adalah mengevaluasi segmentasi untuk menjadi target atau membidik kelompok pasar yang menjadi sasaran kita.
- Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak konsumen dari sebuah produk. Positioning merupakan suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan, keuntungan, dan manfaat yang membuat konsumen selalu ingat dengan produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing.
Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
1. Product
Menentukan
produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada pasar sehingga dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen.
2. Price
Harga merupakan
jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang
dibutuhkan. Produk harus memiliki harga yang sesuai dengan target pasar.
3. Place
Berbagai kegiatan
perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen. Keputusan mengenai
tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan
tepat pada saat dibutuhkan.
4. Promotion
Promosi merupakan
kegiatan untuk mengkomunikasikan dan meyakinkan produk atau jasa kepada
konsumen.
Based on Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 2010. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja.(Strategic Marketing: Value Based and Performance Measurement Perspectives) Bogor, IPB Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar