Milton Hershey mendirikan perusahaan
coklat pada tahun 1890-an yang berawal dari karamel, kemudian berkembang
menjadi coklat. Kemampuan yang dimiliki Milton Hershey membuat bisnisnya sukses
dan menjadikan perusahaan coklat terbesar di Amerika serta menjadi market leader dalam industri coklat.
Brand Image yang berkembang adalah “Hershey
is American Candy Bar”. Awalnya Mars merupakan perusahaan sederhana yang
menjual nuggat dimana bahan baku coklat atau pelapis coklat tersebut berasal
dari Hershey. Mars berambisi untuk mengalahkan Hershey untuk menjadi perusahaan
coklat nomor satu di Amerika, sehingga Mars memutuskan untuk membuat permen
pelapis coklat sendiri. Selain itu, Mars juga meminta Murrie yang bekerja di
Hershey untuk bergabung dan mengembangkan produknya sehingga terciptanya produk
yang sangat terkenal, yaitu M&M (Mars and Murrie). Mars memiliki inovasi
produk yaitu coklat dengan warna-warni yang menarik dan hanya dapat melelh
dimulut. Mars melakukan promosi secara agresif melalui media televisi berupa
ikon kartun produknya. Hal ini membuahkan hasil meningkatnya penjualan coklat
dan memiliki tempat di hati konsumen. Mars mempunyai jaringan distribusi yang
sangat kuat dan menyebar tidak hanya di Amerika Serikat saja bahkan Mars unggul
di Eropa dengan menyaingi produk coklat dari Cadburry dan Nestle. Mars pun
menjadi pemimpin pasar. Mars belum puas dengan yang dicapai saat ini, Mars
mencoba merebut pasar Hershey sebagai pemasok coklat bagi anggota militer
Amerika. Akhirnya pasar tersebut direbut Mars karena Hershey tidak dapat
mendistribusikan coklatnya secara baik kepada anggota militer. Akan tetapi,
persaingan ini belum selesai, Hershey pun mengembangkan produknya dimana ia
memproduksi coklat yang memiliki titik leleh yang tinggi sebesar 140 derajat
Farenheit.
Hershey juga memproduksi coklat yang
berisi kacang yang dinamai Reese’s Pieces untuk bersaing dengan produk Mars
M&M. Selain itu, Hershey mencoba bersaing dengan menjadi salah satu sponsor
dalam film E.T garapan sutradara Steven Spielberg. Film itu menuai sukses
begitu juga dengan coklat Hershey, padahal sebelumnya film ini ditawarkan
kepada M&M akan tetapi ditolaknya.
Pelajaran yang dapat kami ambil dari film tersebut
adalah berbagai konsep marketing dilakukan oleh kedua perusahaan untuk
mempertahankan eksistensinya dalam industri coklat dan berbagai kalimat
inspiratif yang dapat memotivasi kami dalam menjalankan sebuah bisnis.
Konsep Marketing:
- Strategi promosi dimana Mars melakukan iklan melalui media televisi secara agresif, sedangkan Hershey kerjasa sama dengan perusahaan film untuk meningkatkan penjualan produknya.
- Distribusi channel, Mars dapat mendistribusikan dengan baik produk-produknya kepada anggota militer AS
- Inovasi, kedua perusahaan yaitu Hershey dan Mars saling mengembangkan produknya, seperti Hershey menciptakan coklat yang tidak mudah meleleh dan Mars menciptakan permen coklat warna-warni yang menarik perhatian anak-anak.
- Segmentasi, Hershey mensegmentasikan produknya bagi seluruh rakyat Amerika, sedangkan segmentasi produk Mars kepada anak-anak.
- Market share, kedua perusahaan hampir menguasai pasar coklat di Amerika, saat ini Hershey sebagai pemimpin pasar dan M&M terus mengikuti.
Kalimat Inspiratif :
- Hershey is American Candy Bar
- Hershey is not Mars
Tidak ada komentar:
Posting Komentar