Kamis, 24 Maret 2011

BAB 3 KEPRIBADIAN (CHAPTER III PERSONALITY)

BAB 3
KEPRIBADIAN

v     Definisi Kepribadian
Kepribadian berkaitan dengan adanya perbedaan karakteristik yang paling dalam pada diri manusia, perbedaan karakteristik tersebut menggambarkan cirri unik dari masing – masing individu. Perbedaan karakteristik akan mempengaruhi respon individu terhadap lingkungannya (stimulus) secara konsisten.

v     Karakteristik Kepribadian
a)      Kepribadian menggambarkan perbedaan individu
b)      Kepribadian menunjukan konsistensi dan berlangsung lama
c)      Kepribadian dapat berubah

v     Teori Kepribadian

Teori Kepribadian Freud
Kebutuhan yang tidak disadari (unconscious needs) atau dorongan dari dalam diri manusia (drive), seperti dorongan seks dan kebutuhan biologis adalah inti dari motivasi dan kepribadian manusia.
Kepribadian manusia terdiri atas tiga unsur, yaitu
a.    Id adalah aspek biologis dalam diri manusia yang ada sejak lahir, yang mendorong munculnya kebutuhan fisiologis seperti rasa lapar, haus, seks.
b.   Superego adalah aspek psikologis pada diri manusia yang menggambarkan sifat manudia untuk tunduk dan patuh kepada norma – norma sosial, etika, dan nilai – nilai masyarakat.
c.    Ego berfungsi menjadi penengah antar Id dan Superego. Ego berusaha menyeimbangkan keingininan yang ingin dipenuhi dan yang dituntut oleh superego sesuai dengan norma sosial.

Teori Freud dan Pemasaran
            Menggunaka model iklan yang menarik.

Teori Neo-Freud (Teori Sosial Psikologi)
            Teori ini menekankan bahwa manusia berusaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat membantu individu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuannya.

Teori Ciri (Trait Theory)
            Teori ciri mengklasifikasikan manusia ke dalm karakteristik atau sifat cirinya yang paling menonjol




v   Gaya Hidup
Gaya hidup lebih menggambarkan perilaku seseorang, yaitu bagaiman ia hidup, menggunakan dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya.

v  Psikografik
Suatu instrument untuk mengukur gaya hidup yang memberikan pengukuran kuantitatif dan bisa dipakai untuk menganalisa data yang sangat besar.
Studi psikografik dalam beberapa bentuk (Solomon, 1999 hal 179), seperti
1.      Profil gaya hidup
2.      Profil produk spesifik
3.      Studi yang menggunakan kepribadian cirri
4.      Segmen gaya hidup
5.      Segmen produk spesifik



v  Inventori Psikografik Vals

v  Dogmatisme
Sebuah kepribadian cirri yang mengukur tingkat kekauan seseorang dalam menerima segala sesuatu yang tidak dikenal atau menerima informasi yang bertentangan dengan kepercayaan yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar