Kamis, 24 Maret 2011

BAB 4 PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN (CHAPTER 4 INFORMATION PROCESSING AND CONSUMER PERCEIVE)

BAB 4
PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN

Pengolahan informasi terjadi pada diri manusia terjadi ketika salah satu panca indra konsumen menerima input dalam bentuk stimulus. Ada lima tahap dalam pengolahan informasi.
1.      Pemaparan menyebabkan konsumen menyadari akan adanya stimulus
2.      Perhatian adalah kapasitas pengolahan yang diaolokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk.
3.      Pemahaman merupakan interprestasi terhadap makna stimulus.
4.      Penerimaan adalah dampak persuasif stimulus kepada konsumen.
5.      Retensi adalah pengalihan makna stimulus dan persuasi ke ingatan jangka panjang.

Pemaparan
§  Sensasi
Respon langsung dari panda indra terhadap stimulus yang datang. Sensasi yang dimiliki setiap orang memiliki tingkat yang berbeda-beda.
§  Ambang absolutdiperlukan oleh seseorang untuk merasakan suatu sensasi.
Jumlah minimum intensitas yang
§  Ambang berbeda
Batas perbedaan terkevil yang dapat dirasakan antara dua stimulus yang berbeda.

Perhatian
1.    Faktor pribadi
Karakteristik konsumen yang muncul dari dalam diri manusia. Faktor ini di luar kontrol. Faktor ini bisa berupa motivasi maupun kebutuhan dari konsumen itu sendiri.
2.    Faktor stimulus
Faktor ini dapat terkontrol dan dapat dimanipulasi oleh pasar.

Pemahaman
Usaha konsumen untuk mengartikan atau mengintrepetasikan stimulus. Pada tahap ini konsumen melakukan perceptual organization yaitu mengintegrasikan stimulus sehingga memperoleh makna yang menyeluruh.

Penerimaan
Merupakan tahap keempat dari proses pengolahan informasi. Persepsi dari konsumen merupakan output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus.
Retensi
Proses memindahkan informasi ke jangka panjang. Selanjutnya apa persepsi yang disimpan dalam memori akan mempengaruhi persepsinya terhadap stimulus yang baru. Ada tiga memori yaitu :
a.       Memori sensori
Tempat penyimpanan memori sementara
b.      Memori jangka pendek
Tempat penyimpanan informasi untuk waktu yang terbatas biasanya berkisar 30 detik.
c.       Memori jangka panjang
Untuk menyimpan informasi untuk waktu yang lama dan memiliki kapasitas yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar