Kamis, 24 Maret 2011

BAB ! PENDAHULUAN (CHAPTER I INTRODUCTION)

BAB 1
PENDAHULUAN

Ø    Definisi Konsumen
Ada 2 jenis konsumen, yaitu konsumen individu dan konsumen organisasi
Konsumen individu membeli barang dan jasa untuk digunakan sendiri, seperti pakaian, sepatu, dll. Konsumen membeli barang dan jasa yang akan digunakan oleh anggota keluarga yang lain, seperti membeli susu formula untuk bayi. Barang dan jasa yang dibeli kemudian digunakan langsung oleh individu disebut “pemakai akhir” atau “konsumen akhir”.
Konsumen organisasi meliputi organisasi bisnis, lembaga sosial, kantor pemerintah, dll. Semua jenis organisasi harus membeli produk peralatan dan jasa – jasa lainnya untuk menjalankan kegiatan organisasi.
Konsumen individu dan konsumen organisasi sama penting karena memberikan sumbangan yang sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.

Ø    Definisi Perilaku Konsumen
Schiffman dan Kanuk (1994)
Perilaku konsumen adalah perilaku yang memperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
 Engel, Blackwell dan Miniard (1993)
Perilaku konsumen sebagai tindakan yang langsung terlibat dalama mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa  termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.









Right Arrow Callout: Faktor Lingkungan
1. Budaya
2. karakteristik sosial
3. keluarga dan rumah tangga
4. kelompok acuan
5. situasi konsumen
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar